UBSI Solo Adakan Seminar Dengan Tema Profesionalisme Program Studi “Kompetensi melalui sertifikat modal penting dalam dunia kerja”

Loading…

Solo-UBSI Solo atau Universitas Bina Sarana Informatika merupakan salah satu universitas yang berada di kota Solo. Pada hari Selasa, 2 Juli 2019 universitas BSI mengadakan seminar. Seminar ini dilaksanakan pukul 18.30 WIB -20.30 WIB. Seminar ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi UBSI dari berbagai fakultas, staf UBSI, dan anak-anak magang di UBSI dari berbagai sekolah. Seminar ini bertemakan Profesionalisme Program Studi “Kompetensi melalui sertifikat modal penting dalam dunia kerja”.

Sebelum acara dimulai semua peserta seminar melakukan doa terlebih dahulu. Setelah itu pembawa acara membacakan susunan acara seminar. Eka Rahmawati selaku pembawa acara membacakan susunan acara. Acara yang pertama yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, semua peserta seminar berdiri dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan yang dibawakan oleh ibu Candra Agustina M.Kom. Selanjutnya acara yang ditunggu-tunggu yaitu penjelasan dari moderator seminar yaitu Ahmad Fauzi. Moderator menjelaskan proses dalam kuliah dari semester 1-6 program Akuntansi.

Setelah moderator memaparkan sedikit program Akuntansi kemudian dilanjutkan oleh Bambang Eka Purnama M.Kom, selaku dosen di kampus UBSI Solo. Dalam pembicaraan nya Bambang Eka Purnama S.Kom menjelaskan beberapa materi yang sudah disiapkan dalam bentuk PPT. Seperti menjelaskan beberapa perbedaan orang pintar dan bodoh, hal-hal yang harus dibagi terhadap sesama manusia yaitu, air susu, ilmu, rejeki. Kunci seseorang meraih kesuksesan yaitu memiliki Knowledge (pengetahuan), Skill (kemampuan), dan Attitude (sikap atau tingkah laku). Tanpa ke-3 itu kita tidak akan bisa apa-apa.

Dalam bidang komunikasi jika anda ingin berkembang maka pindah lah ke android, yang paling banyak disukai dalam bidang komunikasi seperti android adalah game. Strategi supaya kita bisa berkembang adalah dengan membuang game . Ada beberapa Tips supaya kita bisa berkembang. Diantaranya Belajar (fast learning), karena gus Dur berpesan yang utama bangsa indonesia perlu belajar. Bangun dan jaga pertemanan, buktikan kemampuan dengan kunci silaturrohim.

Selain itu semua, Bambang Eka Purnama juga menjelaskan tentang SKKNI (Sistem Standardisasi Kompetensi-kompetensi Kerja Nasional Indonesia) dan KKNI (Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia). Ada beberapa yang harus diperhatikan dalam mencapai SKKNI, diantaranya 1. Relevan, yaitu memenuhi relevansi dengan kebutuhan dunia usaha atau industri di masing-masing sektor atau lapangan. 2. Valid, yaitu memenuhi validitas terhadap acuan dan atau pembanding yang sah. 3. Akseptabel, yaitu dapat diterima dan digunakan oleh pemangku kepentingan. 4. Fleksibel, yaitu memiliki fleksibilitas baik dalam penerapannya. 5. Mampu telusur, yaitu mampu telusur dan dapat dibandingkan.

Selain hal-hal tersebut ada juga kriteria SSKNI, yaitu sesuai dengan pekerjaan-pekerjaan yang dilaksanakan di tempat kerja, berorientasi pada outcame, ditulis dengan bahasa yang jelas, mudah dipahami, dan sederhana. Bambang Eka Purnama menjelaskan bahwa orang pintar akan kalah sama dengan orang yang berpengalaman. Sebelum seminar ditutup diadakan sesi tanya jawab bagi mahasiswa-mahasiswi atau anak magang yang ingin bertanya. Bagi yang bertanya akan mendapatkan doorprize dari pihak panitia seminar. Setelah acara selesai, seminar ditutup dengan foto-foto bersama mahasiswa-mahasiswi dan anak-anak magang UBSI Solo.




Loading...

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.