Leonardus Joko Siswanto, S.Pd, M.M Lakukan yang Terbaik untuk Pendidikan

leonardos

Sebagai seorang abdi negara, tentunya seseorang harus mau dan mampu menerima dan melaksanakan tugas apapun yang diberikan oleh negara. Sikap tersebut adalah bentuk pengabdian yang agung dan harus senantiasa dijunjung tinggi sebagai wujud kecintaannya terhadap bangsa dan negara. Demikian yang direnungi oleh sosok pria ramah, Leonardus Joko Siswanto, S.Pd,M.M. Beliau yang mulanya mendapat tugas tambahan menjadi Kepala SD Negeri Nayu Barat II, kini dirinya dipindahtugaskan menjadi Kepala SD Negeri Sekip II Kecamatan Banjarsari, Surakarta. Ia dilantik oleh Wakil Walikota Surakarta di Balai Tawangarum.
Saat dijumpai di SD Negeri Nayu Barat II dalam acara buka bersama dengan pihak komite sekolah, guru, siswa, dan orangtua/wali siswa, Joko Siswanto, begitu ia akrab disapa, menyampaikan bahwa pendidikan bagi anak harus dilaksanakan oleh pendidik atau guru serta orangtua secara profesional dan proporsional, karena anak-anak kitamerupakan generasi yang akan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa. ”Saya pribadi merasa bertanggung jawab dalam rangka mencerdaskan dan mendidik mereka saat di sekolah. Berprofesi sebagai guru yang diberi tugas tambahan menjadi kepala sekolah adalah amanah yang senantiasa saya jalankan dengan penuh kesungguhan, komitmen, kerja keras, dan keikhlasan,” tuturnya.
Gaya kepemimpinannya yang cepat dan tangkas ternyata menjadi kesan tersendiri bagi komite dan orangtua siswa. Setiap kali ada program dan agenda yang diadakan oleh sekolah, dirinya tetap memprioritaskan kepentingan sekolah. Tahun lalu, SD yang dipimpinnya berhasil mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kota Surakarta berupa pembangunan dua ruang kelas. Selain itu, kemajuan sekolah juga terlihat dengan raihan prestasi di SD Negeri Nayu Barat II berupa Juara Karate tingkat Nasional.
Berbicara mengenai prestasi akademik, pihaknya mengaku selalu berupaya yang terbaik untuk sekolah yang dipimpinnya kini dan nanti. Masih menurutnya, kemajuan suatu bangsa tergantung pada kualitas pendidikan yang terselenggara. Kepada Majalah DIDIK, Joko Siswanto bercerita bahwa negara Jepang yang dulunya hancur karena bom Atom di Hirosima dan Nagasaki kini sangat maju dalam berbagai aspek kehidupan. Hal itu dikarenakan Kaisar Jepang tetap optimis negaranya bisa maju karena sejumlah pendidik yang selamat diyakini dapat membangun dan membentuk generasi yang berkualitas. Berpegang pada prinsip itulah Joko Siswanto selalu berupaya keras memajukan dan membangun pendidikan dari hal-hal positif yang bisa ia lakukan di lingkungan sekolah.
Ditambahkan pula, meskipun dirinya adalah kepala sekolah, namun tanpa adanya budaya gotong-royong serta kerjasama yang solid antara stakeholder maka pendidikan yang berkualitas tidak mungkin bisa terwujud. Oleh karena itu, dirinya selalu merangkul dan mengajak sejumlah pihak khususnya warga sekolah untuk secara bersama-sama membangun pendidikan yang lebih baik. ”Dimana pun saya ditempatkan dan bekerja, maka di situlah saya harus membawa perubahan yang lebih baik. Maka dari itu, kami senantiasa meminta saran-saran yang membangun dan kerjasama dari semua pihak untuk meraih cita-cita pendidikan yang berkualitas,”imbuhnya.
Dikonfirmasi secara terpisah, Mayor Haristanto yang menjabat sebagai Humas Komite SD Nayu Barat II menilai bahwa di masa kepemimpinan Joko Siswanto, pihak sekolah cepat merespon segala ide dan gagasan guna membangun kemajuan pendidikan. ”Kami merasa senang, di bawah kepemimpinan Pak Joko, segala ide dan gagasan yang diberikan dari pihak komite maupun orangtua siswa selalu direspon dengan cepat. Selain itu, dalam mengambil keputusan, ia lakukan dengan cepat dan tepat serta berani bertanggung jawab atas segala risiko,” tuturnya. Tak lupa, pihaknya berpesan kepada Joko Siswanto untuk selalu memberikan yang terbaik dimana pun ia bekerja karena dengan kebaikan-kebaikan itu akan tercipta jalinan kekeluargaan dan persaudaraan yang erat serta harmonis. (Eko/r)

(0)

InterMedia Hosting dan Domain

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.