Sekolah Inklusi di Solo Kekurangan GPK

Wahyono Pokja Solo

Solo – Sekolah-sekolah inklusi di Kota Solo mengalami kekurangan jumlah guru pendidikan khusus (GPK). Padahal tahun 2016 ini jumlah sekolah inklusi bertambah, dari 28 sekolah menjadi 32 sekolah.
“Jika dilihat dari sisi jumlah GPK di Solo saat ini memang tidak terlalu banyak,” ungkap Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pendidikan Inklusif Kota Solo, Wahyono kepada wartawan, di Solo.
Wahyono mengatakan, saat ini diantara 32 sekolah inklusi yang ada, terdiri atas 16 sekolah dasar (SD), 9 sekolah menengah pertama (SMP), 7 sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK).
Sedang anak berkebutuhan khusus (ABK) yang saat ini menempuh studi di sekolah-sekolah inklusi tercatat ada 399 orang dengan berbagai jenis ketunaan, mulai dari tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna grahita, tuna daksa, tuna laras, kesulitan belajar, lamban belajar, autis, gangguan motorik hingga kelainan lainnya. “Jumlah GPK, saat ini ada 123 orang,” ungkapnya.
Wahyono mengatakan, dari sisi jumlah GPK di Solo saat ini memang tidak terlalu banyak. Namun keberadaan GPK di sekolah-sekolah inklusi memang menyesuaikan kebutuhan sekolah dalam memberikan pelayanan terhadap ABK.
“Tergantung pada jenis layanannya (sekolah) apa. Memang tidak mesti satu ABK itu harus didampingi satu GPK. Bisa jadi dua BPK cukup didampingi satu GPK. Bisa juga ada kondisi satu ABK didampingi dua GPK karena dia memiliki ketunaan ganda,” jelasnya.
Pada kesempatan itu, Wahyono juga mengemukakan, pencanangan Kota Solo sebagai Kota Inklusi sejak 2013, membawa konsekuensi tanggung jawab Kota Solo yang didukung segenap komponen masyarakat untuk terus menguatkan konsep dan implementasi pendidikan inklusif yang meliputi beberapa bidang aspek.
“Khususnya bagi para kepala sekolah, guru-guru, komite sekolah, hingga orang tua siswa harus punya komitmen bersama dalam memberikan pelayanan terhadap ABK melalui pendidikan inklusif tersebut,” tandasnya. (tyoeka)

(10)

InterMedia Hosting dan Domain

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.