GRONTOL JAGUNG REBUSDI MAKAN DENGAN PARUTAN KELAPA KULINER DI PASAR GEDE SOLO

Grontol Pasar Gede

SOLO – Solo dikenal dengan gudangnya makanan tradisonal yang enak dan lezat pastinya. Banyak warisan para leluhur yang kini masih bisa kita jumpai di pasar-pasar tradisional. Beberapa makanan tradisional bahkan mulai jarang ditemukan di Kota Solo.

Jangan heran di Kota Solo banyak makanan yang menggunakan nama yang aneh sehingga terdengar asing di telinga masyarakat. Salah satu makanan tradisional yang bisa kita temui saat ini biasanya di Pasar Gede Solo. Pasar ini terkenal dengan bangunan sejarahnya memang. Pasar ini banyak yang menjual makanan tradisional khas solo, salah satu makanan tradisional nya adalah Grontol. Grontol ? pasti terdengar aneh di telinga anda. Rasanya yang unik dan menarik membuat penasaran dan ingin mencicipnya . Makanan ini banyak di jajakan di pasar tradisional di Solo, lapak grontol Bu Lia yang satu ini buka sampai pukul 16.00 WIB. Makanan yang di hargai Rp. 4.000-, ini biasanya di padukan dengan tiwul, ketan hitam, ketan putih, tiwul manis, cenil yang terbuat dari tepung kanji, gendar manis yang terbuat dari beras, gatot yang terbuat dari singkong yang di jemur, gethuk, dan di taburi kelapa parut dan gula merah cair diatasnya.

Grontol ini tentunya higenis dan menyehatkan karena tidak memkai bahan pengawet atau bahan kimia lainya. Selain sajian makanan grontol , lapak ini juga menjual makanan tradisional lainya seperti Brambang Asem , terdengar aneh memang namanya, Brambang Asem ini dipadukan dengan daun ketela rebus, tahu dan tempe gembus , dan sambal brambang asem sambel ini terbuat dari bawang merah di bakar yang di beri tambahan dengan gula merah dan asem.

(1)

InterMedia Hosting dan Domain

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.